Pengobatan Faringitis

Faringitis atau suatu penyakit peradangan yang terjadi pada tenggorokan. Faringitis disebabkan oleh virus maupun bakteri. Namun , kebanyakan faringitis terjadi akibat virus, dan jenis virus seperti common cold, flu, adenovirus, mononukleosis atau HIV.

Penyebab Faringitis

Sedangkan bakteri yang menyebabkan faringitis adalah streptokokus grup A, korinebakterium, arkanobakterium, neisseria gonorrhoeae atau chlamydia pneumoniae. Untuk memastikannya dapat dilakukan diagnosa yang dapat dipelajari melalui gejala dan hasil pemeriksaan fisik sementara. Jika hasil diduga suatu strep throat dapat dilakukan pemeriksaan terhadap apus tenggorokan.

Pengobatan Faringitis

Pengobatan Faringitis

Dalam pengobatan faringitis dapat diberikan obat faringitis untuk mengurangi nyeri tenggorokan diberikan obat faringitis pereda nyeri (analgetik), obat hisap atau kumur dengan menggunakan larutan garam dan air hangat. Namun, jika faringitis melanda anak-anak dan remaja sebaiknya pemberian obat analgetik in harus menggunakan resep dokter karena dapat menyebabkan sindroma Reye.

Jika faringitis ini disebabkan oleh bakteri dapat diberikan obat antibiotik, seperti :

  • Golongan Penisilin : penicillin, amoxicillin, Oxacillin, Dicloxacillin, Nafcillin, Amoxicillin-clavulanate, Piperacillin-tazobactam, Ampicillin-sulbactam
  • Golongan sefalosporin : Cephalexin, Cefazolin, Ceftriaxone, Cefuroxine, Cefadroxil, Cefepime, Ceftazidine, Ceftaroline.
  • Golongan lain : Clindamycin, Vancomycin, Daptomycin, eritromycin, gentamicin, tobaranycin

Pemeriksaan Faringitis

Pemeriksaan yang dilakukan pada penyakit faringitis adalah kultur swab. Kultur swab pada tenggorokan yang merupakan salah satu tes gold standar. Dan jenis pemeriksaan ini biasanya sering dilakukan. Namun, kemudian pemeriksaan ini tidak bisa membedakan antara fase infektif dan kolonisasi dan juga membutuhkan waktu paling tidak selama 24-48 jam untuk bisa mendapatkan hasil yang baik lagi.

Tes yang dilakukan adalah :

  1. Tes infeksi jamur dengan menggunakan slide dengan pewarnaan KOH
  2. Tes MOnospot, tes yang dilakukan pada angtibodi heterofil. Tes ini biasanya digunakan untuk mengetahui dari adanya mononucleosis dan juga bisa mendeteksi suatu penyakit dalam waktu 5 hari hingga mencapai 3 minggu setelah infeks terjadi.
  3. Tes deteksi antigen yang cepat: tes ini biasanya mempunyai spesifisitas yang tinggi namun tingkat sensitivitasnya yang masih terbilang rendah
  4. Heterophile agglutination assay

Penalataksanaan dari penyakti faringitis ini dilakukan dengan pemberian obat faringitis seperti ;

  1. Penicilin bezathine yang biasanya diberikan secara IM dengan dosis tunggal
  2. Penicillin yang biasanya diberikan secara oral
  3. Eritromisin
  4. Penicilin profilaksis, yakni seperti penicillin benzathine G, yang diindikasikan pada pasien dengan kasus resiko demam rematik yang teerjadi secara berulang.

Sedangkan jika penyebab faringitis adalah akibat serangan infeksi virus, maka pengobatan faringitis yang ddilakukan untuk mengobatinya kecuali untuk penyebab dari virus influenza dan HSV.

Beberapa jenis obat faringitis yang bisa digunakan adalah seperti :

  1. Amantadine
  2. Rimantadine
  3. Oseltamivir
  4. Zanamivir yang bisa digunakan untuk kasus penyebab dari virus influenza A dan B
  5. Asiklovir yang digunakan untuk penyebab dari HSV.

Komplikasi Faringitis

Komplikasi yang terjadi akibat dari penyakit faringitis ini adalah ;

  1. Demam scarlet
    Demam scarlet biasanya ditandai dengan demam serta bintik kemerahan
  2. Demam rematik
    Demam rematik yang bisa menimbulkan suatu peradangan atau kerusakan dibagian klep atau katup jantung. Pada negar yang mengalami perkembangan sekitar 20 juta orang yang mengalami masalah demam rematik akut yang bisa menyebabkan terjadinya kematian. Demam rematik adalah salah satu bentuk kompikasi yang biasanya paling sering terjadi pada kasus fariingitis.
  3. Glomerulonefritis
    Komplikasi yang terjadi dalam bentuk glomerulonephritis akut adalah salah satu bentuk respon infalamasi pada protein M spesifi. Kompleks yang antigen dari antibody yang terbentuk kemudian berakumulasi pada glomerulus ginjal yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya glomerulonephritis ini.
  4. Abses peritonsilar yang biasanya disertai dengan nyeri pada bagian faringeal, disfagia, demam dan juga mengalami dehidrasi.
  5. Shock

Pencegahan Faringitis

Selain melakukan pengobatan faringitis dan pemberian obat faringitis, sebaiknya lakukanlah pencegahan untuk menghindari terjadinya penyakit faringitis atau sakit tenggorokan seperti :

  1. Menghindari penggunaan dari alat makan bersama dengan pasien yang mengalami fariingitis yang mempunyai demam, flu atau juga mononucleosis
  2. Mencuci tangan dengan cara yang teratur
  3. Sebaiknya jangan merokok, kurangilah pajanan terhadap asap rokok
  4. Gunakanlah pelenbab ruangan jika ruangan memang kering.

Penyakit faringitis bisa terjadi pada semua umur dan tidak bergantung dari jenis kelamin, namun frekuensi yang paling tinggi lebih sering terjadi pada anak-anak. Penyakit faringitis akut biasanya juga jarang ditemukan untuk anak-anak yang berusia dibawah 1 tahun. Insedensi yang mengalami peningkatan dan bisa mencapai puncaknya diusia sekitar 4- tahun, namun tetap berlanjut sepanjang akhir dari masa anak-anak dan juga kehidupan dewasa. Kematian yang terjadi akibat radang tenggorokan frekuensinya jarang terjadi, namun bisa terjadi sebagai salah satu hasil dari komplikasi penyakit faringitis ini.

Pengaruh pada daya tahan tubuh sangat penting apalagi dalam hal mencegah terjadinya infeksi olah akibat virus serta bakteri. Dan hasil dari penelitian yang diketahui bahwa streptokokus adalah salah satu jenis bakteri yang biasanya paling sering menyebabkan terjadinya penyakit faringitis. Penyakit faringitis akibat streptokokus membutuhkan perhatian yang lebih serius. Dan beberapa komplikasi yang biasanya sering muncul saat terjadinya infeksi pada streptokokus dan paling khusus terjadi pada streptokokus beta-hemolitikum grup A/GAS.

itulah informasi mengenai penyakit faringitis, klasifikasi faringitis, pengobatan faringitis dan obat faringitis. Semoga informasi mengenai penyakit seputar faringitis ini berguna dan bermanfaat untuk Anda semua yang membacanya.

Pengobatan Faringitis

garis

Cara Pemesanan Obat Faringitis

Obat Faringitis Herbal, Alami, Tradisional Untuk Membantu Mengurangi Gejala Faringitis, Sakit Tenggorokan, Tenggorokan Kering dan Pereda Demam

Harga Obat Faringitis Tradisional, Herbal & Alami

obat-radang-tenggorokan-alami

Obat Faringitis Alami, Obat Faringitas Tradisional, Obat Faringitas Herbal

Harga Obat Faringitis 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

garis

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

obat-radang-tenggorokan-tradisional

Paket hemat Obat Faringitis tradisional

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Obat Faringitis Tradisional, Herbal dan Alami:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Ratenggorok Obat Faringitis Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa

This entry was posted in Obat Faringitis and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.