Faringitis

Faringitis adalah radang pada faring yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus tertentu. Faringitis dapat terjadi karena terlalu banyak merokok. Tanda-tanda penyakit ini adalah adanya rasa sakit jika menelan dan kerongkongan terasa kering sekali, serta sakit tenggorokan.

Penyakit Faringitis

Faringitis termasuk gangguan infeksi saluran pernapasan bagian atas mencakup nasofaringitis, faringitis dan tonsilitis.

  • Nasofaringitis, disebut juga sebagai flu biasa adalah infeksi virus pada hidung dan tenggorok.
  • Faringitis adalah infeksi (virus atau bakteri) dan inflamasi pada faring.
  • Tonsilitis adalah infeksi (virus atau bakteri) dan inflamasi pada tonsil.

Inflamasi saluran pernapasan bagian atas, nasofaringitis merupakan penyakit paling sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Nasofaringitis tidak umum terjadi pada bayi sebelum usia 1 tahun, insidensi faringitis meningkat antara usia 4 dan 7 tahun. Sedangkan tonsilitis meningkat pada anak-anak usia sekolah

Faringitis

Faringitis

Etiologi Penyakit Faringitis

  1. Nasofaringitis disebabkan oleh virus. Virus yang sering menyebabkan infeksi antara lain rhinovirus, coxsackievirus, RSX, adeno-associatedvirus, serta virus influenza dan parainfluenza.
  2. Faringitis dan tonsilitis dapat berasal dari virus atau bakteri. Organisme yang paling banyak dikaitkan dengan infeksi bakteri adalah streptococcus  β-hemolitikus grup A yang potensial menyebabkan komplikasi seperti demam rematik atau glomerulonefritis akut.

Penyakit faringitis akut adalah salah satu bentuk klasifikasi dari penyakit faringitis. Penyakit faringitis akut merupakan suatu peradangan pada tenggorokan yang terjadi mendadak dan tiba-tiba serta cepat memberat. Selain itu, faringitis akut dan juga masalah tonsillitis akut yang sering ditemukan bersamaan dan bisa menyerang ke semua usia. Penyakit faringitis akut bisa diakibatkan karena viral, bakteri, fungal serta penyakit gonore. Penyebab radang tenggorokan atau penyakit faringitis ini adalah akibat dari kuman golongan Streptokokus Beta hemolitikus, Streptokokus virdians dan streptokokus piogenes. Selain itu penyakit ini juga bisa diakibatkan karena terjadinya infeksi pada virus misalnya adalah akibat virus influenza dan juga adenovorus. Penyakit faringitis akut bisa menular lewat kontak dari secret hidung dan juga ludah yang berasal dari orang yang menderita penyakit faringitis

Pada penyakit faringitis yang disebabkan karena infeksi, bakteri atau juga akibat dari virus yang terjadi secara langsung dan bisa menginvansi mukosa pada faring yang bisa menyebabkan respon pada inflamasi local. Kuman yang menginfiltrasi lapisan epitel, dan jika epitel ini terkikis maka jaringan limfoid dari superfisial bisa bereaksi, akan terjadi suatu pembendungan pada radang dengan infiltrasi leukosit polimorfonuklear. Pada stadium awal, biasanya gejala yang terjadi adalah hiperemi, dan kemudian bentuk edema serta sekresi yang mengalami peningkatan. Setelah itu eksudat juga mula-mula serosa namun menjadi semakin menebal dan setelah itu cenderung lebih kering dan kemudian bisa melekat pada bagian dinding faring. Dengan lewat hiperemi, pembuluh darah yang terjadi pada dinding faring kemudian akan mengalami pelebaran. Bentuk sumbatan yang warnanya kuning, putih serta abu-abu yang terdapat di daam folikel dan juga jaringan limfoid. Kemudian akan Nampak terlihat bahwa folikel dari limfoid dan juga bercak-bercak yang terjadi pada dinding faring posterior, atau juga terletak lebih pada ke arah lateral, yang menjadi semakin meradang dan mengalami suatu pembengkakan. Virus yang menjadi penyebab misalnya adalah seperti Rhinovirus dan Coronavirus yang bisa mengakibatkan terjadinya iritasi sekunder dibagian mukosa faring akibat dari sekresi nasal.

Selain itu, infeksi streptococcal yang mempunyai karakteristik yang khusus dari invasi local dan juga terjadinya pelepasan extracellular toxins dan juga protease yang bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan dibagian jaringan yang sangat hebat karena fragmen dari M protein dari Grup A streptococcus dengan struktur yang sama dengan bentuk dari sarkolema dibagian myocard dan juga kemudian dihubungkan lewat demam rematik dan terjadinya kerusakan pada katup jantung. Selain itu juga hal ini bisa mengakibatkan terjadinya akut glomerolunefritis akibat dari fungsi glomerulus yang mengalami gangguan akibat dari kompleks antigen-antibodi yang terbentuk.

Pemeriksaan Faringitis

Pemeriksaan yang dilakukan pada penyakit faringitis adalah pemeriksaan spatel lidah, kemudian terlihat amandel yang mengalami pembengkakan, hiperemis, dan juga detritus, bercak misalnya seperti foliel, lacuna serta membrane. Kelenjar dari submandibular yang megalami pembengkakan dan akan terasa nyeri jika ditekan apalagi jika terjadi pada anak-anak.

Pemeriksaan penunjang yang dilakukan adalah :

  1. Pemeriksaan biopsy
    Misalnya adalah jaringan untuk pemeriksaan yang bisa didapatkan dari saluran pernapasan misalnya sekitar faring dengan cara menggunakan teknik endoskopi. Jaringan ini kemudian akan diperiksa dengan cara menggunakan mikroskop untuk mengetahui dari adanya peradangan akibat dari bakteri atau juga akibat virus.
  2. Pemeriksaan sputum
    Pemeriksaan sputum mikroskopik, makroskopik, dan bakteriologik yang penting dalam diagnosis etiologi dari suatu penyakit. Selain itu, warna bau dan adanya darah merupakan salah sjatu penunjuk dari adanya suatu infeksi atau juga akibat infalamasi atau peradangan.
  3. Analisa gas darah
    Untuk membantu menilai fungsi dari pernapasan dengan lebih kuat, perlu juga mengetahui beberapa hal yang berada di luar paru misalnya adalah distribusi gas yang kemudian diangkut oleh system sirkulasi darah.

Penyakit faringitis yang penyebabnya adalah akibat serangan virus, maka cara yang bisa dilakukan adalah hanya dengan istirahat yang cukup, karena biasanya penyakit ini akan hilang dengan sendirinya. Dan selain itu juga dibutuhkan minum air yang banyak serta sebaiknya hindarilah jenis minuman yang mengandung alcohol tinggi.

Faringitis

garis

Cara Pemesanan Obat Faringitis

Obat Faringitis Herbal, Alami, Tradisional Untuk Membantu Mengurangi Gejala Faringitis, Sakit Tenggorokan, Tenggorokan Kering dan Pereda Demam

Harga Obat Faringitis Tradisional, Herbal & Alami

obat-radang-tenggorokan-alami

Obat Faringitis Alami, Obat Faringitas Tradisional, Obat Faringitas Herbal

Harga Obat Faringitis 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

garis

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

obat-radang-tenggorokan-tradisional

Paket hemat Obat Faringitis tradisional

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Obat Faringitis Tradisional, Herbal dan Alami:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Ratenggorok Obat Faringitis Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa

This entry was posted in Obat Faringitis and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.